Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat Logistik Tahun 2021

Organisai Direktorat Logistik dikukuhkan secara legal berdasarkan Keputusan Rektor UI No. 0250/SK/R/UI/2018 tentang Struktur Organisasi Universitas Indonesia 2018-2019 pada tanggal 15 Februari 2018 dan berada dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik. Direktorat Logistik memiliki fungsi sebagai unit yang menyusun kebijakan pengelolaan pengadaan barang/jasa serta melaksanakan fungsi administrasi pengadaan barang dan jasa di Pusat Administrasi Universitas Indonesia.

 

Direktorat Logistik memiliki beberapa tugas pokok dan fungsi yang terdiri dari:

  1. Membantu menyusun kebijakan logistik meliputi pengadaan barang dan jasa, pendistibusian dan pengelolaan persediaan berdasarkan prinsip efisiensi, ekonomis dan efektif, dan sesuai prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance) yaitu: transparan, akuntabel, responsible, independent dan fair (berkeadilan) serta sesuai ketentuan yang berlaku, di lingkungan Universitas Indonesia.
  2. Melakukan sosialisasi kebijakan dan peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa, pendistribusian dan pengelolaan persediaan pada unit-unit kerja di lingkungan Universitas Indonesia agar sesuai dengan kebijakan Universitas Indonesia.
  3. Menyusun Rencana Umum Pengadaan Pusat Administrasi Universitas dan mengumumkan melalui website UI.
  4. Melaksanakan pengadaan barang/ jasa di lingkungan Universitas Indonesia yang pembiayaannya bersumber dari Damas dan APBN di Lingkungan Pusat Administrasi Universitas Indonesia.
  5. Melaksanakan kontrak dengan penyedia Barang dan Jasa.
  6. Mengembangkan sitem informasi berbasis teknologi informasi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dan pendistribusian.
  7. Melaksanakan fungsi Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP).
  8. Mengelola manajemen rekanan UI (Vendor Management System).
  9. Mengelola Logistic Center.
  10. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa Universitas dan melaporkannya kepada Rektor.
  11. Menyimpan dan menjaga keutuhan seluruh dokumen pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Berdasarkan point (b) diatas, dimana Direktorat Logistik memiliki fungsi dalam melakukan sosialisasi kebijakan dan peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa, maka Direktorat Logistik mengadakan pelatihan / training mengenai pelaksanaan PR/PO dan receipt yang ada di Fakultas/ Vokasi/ Sekolah Ilmu Lingkungan/ Sekolah kajian Stratejik dan Global/ Program Pendidikan Vokasi/ SIL dan SKSG dan RIK, yang dimulai di tanggal 14 Juni 2021 yang dilaksanakan di Kantor Direktorat Logistik Universitas Indonesia.

(TERLAMPIR Nodin Undangan Pelatihan PR/PO dan Receipt ini)

Undangan Pelatihan PR PO_Fakultas